Jumat, 15 Juni 2012

CIKALONG SENTRA "SAWO" TERKENAL

Dua kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, yakni Kecamatan Cikalong dan Kecamatan Pancatengah kini menjadi sentra penghasil buah sawo manis.  Para petani tampak bersemangat dalam membudidayakannya. Sebelumnya, Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya telah mengembangan beberapa kecamatan sebagai sentra penghasil buah-buahan seperti buah manggis di wilayah Puspahiang, salak di Manonjaya, rambutan di Karangnunggal dan durian di Salopa.

“Dua kecamatan tersebut dianggap lokasi paling cocok untuk mengembangkan buah sawo manis sehingga dua kecamatan akan tumbuh menjadi daerah sentra sawo di Kabupaten Tasikmalaya, dan diharapkan dapat memberi kesejahteraan kepada para petani,” ungkap Ir. H. Hendry Nugroho MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya melalui Kasi Buah, Asep Kuswara.
             
Asep mengatakan, hasil pemetaan yang dilakukan Dinas Pertanian, wilayah Pancatengah dan Cikalong cocok untuk mengembangkan sawo manis. Bahkan saat ini Dinas Pertanian sedang melakukan pengkajian terhadap salah satu tanaman sawo manis yang ada di Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong untuk dikembangkan menjadi tanaman induk.
            
“Sesuai dengan informasi, usia tanaman sawo manis yang ada di Desa Kalapagenep tersebut usianya lebih dari 100 tahun. Rencananya akan kita sertifikasi menjadi tanaman induk,” katanya. 
          
Asep melanjutkan, Sawo Manis akan dikembangkan menjadi buah unggulan lokal Kabupaten Tasikmalaya, mengingat di Jawa Barat baru ada satu daerah yang sudah mengembangkan sawo manis, yaitu Kabupaten Sumedang. Namun dari segi jenis, antara sawo yang ada di Sumedang dengan yang ada di Cikalong Kaupaten Tasikmalaya akan berbeda jenis dan rasanya sehingga jika dikembangkan akan menjadi komoditas unggulan lokal Tasikmalaya.

SOURCE : Kabar Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar