Selasa, 17 April 2012

KUNJUNGAN MENTERI PERTANIAN KE CIKALONG


Wakil Bupati Tasikmalaya H. E. Hidayat, SH menerima kunjungan Menteri Pertanian RI   DR. Ir. Anton Apriyantono, MS di Pesantren Anwarul Ulum Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong pada hari Jum’at(30/01). Menteri Pertanian beserta rombongan disambut Wakil Bupati Tasikmalaya dengan meninjau langsung demplot padi SRI dan peternakan sapi di lingkungan pondok pesantren Anwarul Ulum.

Hadir dalam kesempatan tersebut Para Direktur Jenderal Departemen Pertanian, Asisten Perekonomian & Pembangunan Setda Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Djedje Suhendi, ST, M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya Ir. Henry Nugroho, MP, Kadis Peternakan, Perikanan & Kelautan Kab. Tasikmalaya drh. H. Budi Utama W, Kadis Kehutanan & Perkebunan Ir. Maman S Dali, MP, Pimpinan Pondok Pesantren Anwarul Ulum KH. Adhari, para ketua kelompok tani, para tokoh masyarakat, para penyuluh pertanian serta undangan lainnya.

Dalam sambutan penerimaannya Wakil Bupati Tasikmalaya mengatakan daerah selatan Tasikmalaya ini berpotensi bagi pengembangan pertanian tanaman pangan, peternakan dan perkebunan serta memiliki panjang pantai + 60 km. Program pertanian yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya diarahkan pada peningkatan partisipasi masyarakat tani secara luas, dengan titik berat petani sebagai subjek pembangunan.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan berbagai kegiatan ataupun program bantuan pemerintah pusat yang diberikan untuk Kabupaten Tasikmalaya dirasakan sangat besar manfaatnya dalam rangka membantu upaya peningkatan produksi maupun produktivitas pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. Dengan kedatangan Bapak Menteri Pertanian, Wakil Bupati mengajak untuk membulatkan tekad dalam melaksanakan pembanguna pertanian dengan harapan akan terwujudnya bahwa pertanian akan tetap menjadi usaha pilihan yang terhormat, bermartabat dan membawa pada tingkat kesejahteraan, serta mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak Menteri di Tasikmalaya akan lebih memotivasi kami untuk lebih meningkatkan pembangunan pertanian di Kabupaten Tasikmalaya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Pertanian RI DR. Ir. Anton Apriyantono, MS dalam dialognya dengan masyarakat mengatakan tujuan kunjungan ke Kabupaten Tasikmalaya disamping melihat pembagunan pertanian yang sudah berjalan, juga ingin mendengar respon masyarakat terhadap program-program pertanian yang sudah ada, juga harapan apa yang diharapkan masyarakat selanjutnya sehingga ada perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui pertanian. Di daerah selatan ini banyak sekali petani-petani khususnya yang berada di perbukitan yang memerlukan bimbingan dalam pengolahan pertanian lahan yang benar, bukan hanya menyediakan pembuangan saluran-saluran air tapi juga bagaimana mengelola lahan didaerah perbukitan. Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian dapat melakukan penyuluhan mengenai pengolahan lahan secara terus menerus yang diberikan kepada para petani dan masayarakat.

Sebelum meninggalkan Tasikmalaya Menteri Pertanian menyerahkan surat Perpanjangan Kontrak Kerja untuk para penyuluh dan berpesan kepada para penyuluh dimohon untuk bekerja dengan sebaik-baiknya, berdedikasi, penuh tanggungjawab, karena kemajuan  pertanian salah satunya ada ditangan para penyuluh dilapangan, dan karena masyarakat sangat mengharapkan adanya bimbingan  dari para penyuluh dan harus selalu berusaha meningkatkan kemampuan serta keterampilan yang sudah dimiliki.


0 komentar:

Posting Komentar