Selasa, 31 Juli 2012

Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya


INILAH.COM, Bandung - Pemprov Jabar menawarkan pembangunan jalur jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas). Jalur jalan yang membelah Kabupaten Bandung-Kabupaten Garut-Kabupaten Tasikmalaya, bahkan rencananya diteruskan hingga Kabupaten Ciamis, diperkirakan bisa diwujudkan pada 2014.

"Kita ada ide untuk mewujudkan pembangunan jalan tol Citas. Jalur tersebut akan melewati Bandung-Garut-Limbangan-Malangbong-Ciawi-Cihaurbeuti," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Deny Juanda Puradimadja usai menerima kunjungan kerja Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana di kantor Bappeda Jabar Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Selasa (17/7/2012).

Jalan Tol Citas, kata Deny, memiliki pintu awal di KM 150 Tol Cipularang atau keluar dari Gedebage. Jalan sepanjang 76 Km itu diprediksi akan menghabiskan anggaran sebesar Rp6 triliun.

"Tol ini dibangun untuk membuat pusat pertumbuhan baru. Kalau tol lain kan dibangun berdasarkan dorongan kebutuhan mendesak, misalnya gara-gara kemacetan," tuturnya.

Deny menyatakan pihaknya juga sedang memikirkan adanya pintu keluar di daerah Rajapolah Tasikmalaya. Pertimbangannya karena di daerah tersebut merupakan sentra kerajinan.

"Kita ingin ada exit di Rajapolah karena ada sentra kerajinan. Jadi saat melewati daerah itu, pengendara dan penumpang lainnya bisa melepas lelah dan belanja kerajinan."

0 komentar:

Posting Komentar